Jumat, 01 Juni 2012

Potensi Sumber Daya di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan yang terkenal dengan segudang potensi baik di bidang sumber daya alam maupun manusianya ternyata juga menyimpan potensi sebagai lumbung energi baru di Indonesia. Sumber daya alam khususnya potensi energi primer yang terdapat di wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya penanaman modal untuk meningkatkan perekonomian daerah. Ditambah lagi stratetisnya letak Provinsi Sumatera Selatan di antara Pulau Jawa dan Singapura. Malaysia  yang secara ekonomi sangat strategis.
Potensi besar yang ada di Sumatera Selatan dalam hal sumber daya energi seperti minyak bumi, gas bumi, batubara dan panas bumi tersebar luas dan melimpah adalah modal dasar dalam mewujudkan terbentuknya Sumatera Selatan sebagai Lumbung Energi Nasional khususnya melalui Pembangunan Ketenagalistrikan dan penyediaan energi bahan bbakar dan industri.
Pembangunan sumber daya energi khususnya energi listrik melalui Pembangunan Listrik Tenaga Gas (PLTG) dan Listrik Tenaga Uap (PLTU) di mulut tambang dengan bahan bakar batubara akan menjawab kelangkaan listrik di Pulau Jawa dan Sumatera.

Peluang Investasi

Ada banyak potensi sumber daya alam di Sumatera Selatan yang dicadangkan dan belum dikelola dan masih menunggu kedatangan para investor penanam modal untuk mengelolanya. Saat ini beberapa peluang investasi yang ditonjolkan untuk dikelola adalah :

1.   1. Minyak Bumi

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ce/Oil_well.jpg/300px-Oil_well.jpg
Potensi minyak bumi di Sumatera Selatan cukup besar cadangan yang ada hingga mencapai 5.034.082 MSTB, Produksi ekploitasi pertamina dan mitranya selama 1998-2002 baru mencapai 3.718.720 barrel perhari.

2. Gas Alam
http://kabartop.com/img_head/gas_alam.jpg
Cadangan gas alam di Sumatera Selatan cukup banyak dan dapat ditemukan di Kabupaten Musi Banyuasin, Lahat, Musi Rawas dan Ogan Komering Ilir mencapai 7.238 BSCF. Produksi ekploitasi 4 tahun terakhir baru rata-rata 2.247.124 MMSCF. Gas alam ini dapat dijadikan bahan pembangkit tenaga listik, produk plastik dan pupuk.

3. Batubara

Untuk batu bara sendiri cadangan batubara di Sumatera Selatan diperkirakan mencapai 18,13 milyar ton. Lokasi batubara terdapat di Kabupaten Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin dan Musi Rawas. Mutu cadangan batubara pada umumnya berjenis lignit dengan kandungan kalori antara 4800-5400 Kcal/kg. Cadangan batubara tersebut baru dikelola PT Bukit Asam dam dan PT Bukit Kendi pada lokasi Kabupaten Muara Enim. Sedangkan cadangan sebanyak 13,07 Milyar Ton belum dikelola sama sekali.

4. Pembangkit Tenaga Listrik

Untuk pembangkit tenaga listrik daya tampung saat ini 411,975 KW. Saat ini PLN masih defisit , lebih kurang  90 Mega Watts. Kebutuhan setiap tahun meningkat. Diprediksi tahu 2012 defisit PLN di Sumatera Selatan akan mencapai 291,91 Mega Watts. Sebagian besar Pembangkit Listrik yang ada adalah tenaga diesel sedangkan pembangkit listrik tenaga yang lainnya belum benar-benar ditoleh.

1 komentar:

  1. apa sampai saat ini di sumsel masih menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel? sudah ada kah PLT alternatif lainnya?. mau tanya juga jika anda berdomisi di sumsel, menurut anda potensi sumber daya alam yang berpotensi dijadikan untuk PLT apa?. masih adakah di Sumsel yang belum tersalurkan listrik? terima kasih

    BalasHapus