Jumat, 01 Juni 2012

Obyek Wisata Di Sumatera Selatan

Perjalanan liburan seorang wisatawan yang berlibur ke Sumatera, tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke obyek wisata yang terdapat di provinsi Sumatera Selatan.

Dunia
wisata indonesia memang sangat mempesona sehingga menarik wisatawan asing atau lokal yang suka pergi jalan-jalan. Sumatera Selatan merupakan salah satu contoh tempat menarik untuk tujuan liburan keluarga. Untuk wisatawan yang punya rencana berlibur ke Pulau Sumatera, Ada beberapa pilihan mengunjungi obyek wisata menarik yang juga terdapat di Sumatera, seperti misalnya wisata Batam, Sumatra barat,aceh atau Sumatra utara.

Salah satu obyek wisata yang juga landmark dari Sumatera Selatan adalah Jembatan Ampera yang terdapat di Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan. Namun Wisatawan juga bisa mendatangi tempat wisata lain yang terdapat di provinsi Sumsel seperi tempat obyek wisata liburan menarik yang ada di Sumatera Selatan.

Jembatan Ampera
 
Jembatan terkenal yang melintasi Sungai Musi ini adalah landmark untuk kota Palembang. Jembatan Ampera Palembang dibangun pada tahun 1962 hingga 1965. Jembatan Ampera menghubungkan Palembang bagian Ilir dan Ulu.

Pulau Kemaro
 

Tempatnya kurang lebih 5 kilometer sebelah hilir dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro ini merupakan sebuah delta di sungai musi. Di pulau Kemaro ada sebuah vihara dan hampir setiap perayaan Cap Go Me banyak sekali masyarakat Cina datang ke pulau Kemaro untuk melakukan sembahyang atau berziarah.

Danau Ranau
 

Lokasi Danau Ranau Terletak diwilayah kecamatan Banding Agung dengan jarak sekitar 125 km dari Baturaja ibukota kabupaten OKU. Danau Ranau memiliki luas sekitar 8x16 km. Karena udaranya sejuk Danau Ranau banyak menarik wisatawan yang ingin berpetualang ke Sumatera Selatan. Apalagi Danau Ranau memiliki latar belakang gunung Seminung dan di kelilingi oleh bukit serta lembah, pasti cocok untuk acara liburan.

Punti Kayu
 
Taman Wisata Alam Puntikayu merupakan satu-satunya hutan wisata di sumatera selatan, letaknya yang strategis ( 6 km dari pusat kota ). Kawasan TWA Puntikayu merupakan kawasan konservasi yang konsep pengembangannya berdasarkan pada prinsip-prinsip perlindungan keaneka ragaman jenis Tumbuhan hayati dan satwa. Potensi TWA punti kayu berupa  panorama hutan pinus ( pinus mercussi ) yang memiliki nilai estetika pemandangan yang menarik, serta adanya hewan liar yaitu : kera ekor panjang (Macaca Fasicicularis), Beruk ( Macaca Nemistriana ) dan lain-lain.

Link: http://indonesia-liek.blogspot.com/2010/11/tempat-obyek-wisata-di-sumatera-selatan.html

2 komentar:

  1. bagaimana ke tempat wisata tersebut , beapa km jaraknya dari Palembang, harus dikasi taulah dek. Terima kasih

    BalasHapus
  2. adanya rupanya sorry , jd malu

    BalasHapus